Kaya akan Khasiat, Inilah Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan

- Kamis, 12 Agustus 2021 | 12:21 WIB
Manfaat Lidah Buaya Bagi Kesehatan  (sumber : unsplash.com/ pisauikan)
Manfaat Lidah Buaya Bagi Kesehatan (sumber : unsplash.com/ pisauikan)

AYOYOGYA.COM – Lidah buaya atau aloe vera merupakan tanaman yang sangat mudah ditemukan, bahkan tak sedikit yang menjadikannya hiasan karena bentuknya yang indah, menarik, dan perawatannya mudah.

Selain memiliki bentuk yang indah, nyatanya lidah buaya kaya akan khasiat yang baik untuk tubuh. Lidah buaya sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh baik untuk kecantikan maupun untuk dikonsumsi karena memiliki kandungan yang sangat berkhasiat seperti protein, karbohidrat, lemak, fosfor, kalsium, zat besi, vitamin A, C, dan B1.

Terdapat dua bagian dari lidah buaya yang dapat digunakan yakni gel dan lateks. Berwarna bening dan memiliki tekstur yang kenyal seperti jeli, gel yang terdapat pada lidah buaya dapat ditemukan dari sel-sel yang berada di bagian tengah kulit lidah buaya. Gel lidah buaya sering digunakan sebagai lotion, krim untuk obat, maupun sebagai salep. Di sisi lain, lateks dapat diperoleh dari sel-sel yang berada di bawah lapisan kulit lidah buaya yang dapat diolah menjadi zat-zat kering atau dalam bentuk suplemen.

Baca Juga: Rekomendasi Sunscreen untuk Kulit Berjerawat, Anda Harus Tahu

Berikut ini manfaat lidah buaya yang baik untuk kesehatan

Melembapkan kulit wajah 

Dalam sejumlah artikel Halodoc, daging lidah buaya dapat digunakan untuk menjaga kulit wajah tetap lembap dengan cara mengoleskannya dengan rutin ke wajah. Dengan mengoleskan daging lidah buaya, masalah kulit terkelupas, tumbuhnya jerawat, dan kulit wajah bersisik akan mudah diatasi. Mengoleskan lidah buaya pada wajah pun dapat meningkatkan elastisitas dan memanjakan kulit.

Menurunkan kadar gula darah

Lidah buaya dapat menjadi obat diabetes. Dari penelitian yang telah dilakukan sebelumnya, dengan mengonsumsi ekstrak lidah buaya setiap hari, dapat membantu menurunkan kadar gula darah penderita penyakit diabetes tipe 2. Namun dalam penggunaan lidah buaya ini pun harus hati-hati apabila dikonsumsi bersamaan dengan obat diabetes, karena glukosa darah dapat turun dalam jumlah tinggi nantinya dapat membahayakan kesehatan

Mengatasi psoriasis 

Halaman:

Editor: Regi Yanuar Widhia Dinnata

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Nyetir Saat Mabuk, Lizzy ex-After School Kena Denda

Kamis, 28 Oktober 2021 | 23:00 WIB

PCA 2021 Tunjuk BTS, TXT dan Squid Game Jadi Nominasi

Kamis, 28 Oktober 2021 | 21:00 WIB

Sebut Siswa Teroris, Guru di AS Terkena Skorsing

Rabu, 27 Oktober 2021 | 20:00 WIB

Sempat Kritis, Penyanyi Oddie Agam Meninggal Dunia

Rabu, 27 Oktober 2021 | 14:05 WIB
X