Katanya Temanggung Negeri Tembakau, tetapi...

- Jumat, 23 Juli 2021 | 17:46 WIB
Tanaman tembakau di Temanggung (Ida Maulina F)
Tanaman tembakau di Temanggung (Ida Maulina F)

TEMANGGUNG, AYOYOGYA.COM -- Temanggung merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang terletak di antara Kabupaten Magelang dan Kabupaten Wonosobo.

Temanggung dikenal sebagai salah satu kabupaten di Indonesia yang menghasilkan tembakau terbanyak dan bagus. Secara geografis Temanggung juga berada di tengah Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro, jadi wilayah di Temanggung terdiri atas dataran tinggi dan dataran rendah.

Banyak jenis tembakau yang ditanam di Temanggung, yaitu Tembakau Kemloko 1, Kemloko 2, dan Kemloko 3. Terdapat gudang besar dan gudang kecil di Temanggung yang biasanya akan menerima hasil tembakau, salah satunya Gudang Garam.

Musim tembakau biasanya berlangsung dari Agustus sampai Oktober, meski para petani sudah mulai menanam tembakau dari bulan April. Tembakau ini cocok ditanam di musim panas. Serta pengolahannya juga membutuhkan panas matahari. Tembakau di Temanggung banyak di jual dalam bentuk daun, keranjangan, atau bakau lembut.

Warga Temanggung selalu menunggu masa musim tembakau ini, bahkan ada slogan, "wong Temanggung makmur pas mbakon." Adapun artinya orang Temanggung makmur saat musim tembakau.

Namun, akhir-akhir ini ada yang salah dengan tembakau di Temanggung. Hasil panen sudah beberapa tahun terakhir terjual dengan harga murah.

Faktor global warming menjadikan musim tak tentu, musim panas yang harusnya matahari selalu terik malah didominasi hujan. Rumor adanya tembakau impor. Harga bahan saat menanam dan pengolahan semakin naik. Hama dan virus yang tidak mau kalah juga menyerang. Apalagi adanya Covid-19 yang secara tidak langsung berdampak pada penjualan tembakau.

Tembakau yang biasanya bisa menopang perekonomian warga Temanggung, akhir-akhir ini paceklik. Petani tembakau yang biasanya sangat bersemangat memulai musim tembakau menjadi penuh dilema. Tidak sedikit yang memilih tidak menanam tembakau sama sekali untuk menghindari rugi seperti sebelumnya. Tapi banyak petani tembakau yang masih menanam sambil berharap musim tahun ini menjadi keberuntungan mereka. (Ida Maulina F / magang Ayoyogya.com)

Editor: Regi Yanuar Widhia Dinnata

Tags

Terkini

5 Makhluk Ajaib yang Tenar di Film Harry Potter

Minggu, 26 September 2021 | 14:00 WIB

Semua Vaksin Gratis, Jika Ada yang Berbayar Lapor di Sini

Minggu, 26 September 2021 | 13:20 WIB

PON XX Papua, Menhub RI Pastikan Akses Transportasi Aman

Minggu, 26 September 2021 | 12:27 WIB

Pola Hidup Vegetarian, Antara Gaya Hidup atau Kesehatan?

Minggu, 26 September 2021 | 11:31 WIB

Overthingking Bikin Mudah Sakit, Berikut Penjelasannya

Minggu, 26 September 2021 | 09:35 WIB

Situs Template PPT Gratis, Ada 15 Web yang Terbaik

Minggu, 26 September 2021 | 05:30 WIB

Jangan Beli Laptop Bekas sebelum Tahu 5 Tips Ini

Minggu, 26 September 2021 | 01:26 WIB

Kampas Rem Motor Cepat Habis karena 4 Hal Ini

Minggu, 26 September 2021 | 01:03 WIB
X