Serikat Buruh DIY Dorong Hotel Jadi Tempat Isoman: Ambil SDM dari Korban PHK

- Kamis, 15 Juli 2021 | 22:06 WIB
Ilustrasi -- pekerja yang menjadi korban pemutuhan hubungan kerja dapat diperbantukan di hotel yang menjadi tempat layanan isolasi mandiri (Dok Republika.co.id)
Ilustrasi -- pekerja yang menjadi korban pemutuhan hubungan kerja dapat diperbantukan di hotel yang menjadi tempat layanan isolasi mandiri (Dok Republika.co.id)

YOGYAKARTA, AYOYOGYA.COM -- Serikat Pekerja Alih Daya & Kontrak (SEPAKAT) dan Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) DIY menyoroti persoalan penuhnya fasilitas kesehatan di Yogyakarta.

Kondisi itu menyebabkan beberapa pasien Covid-19 harus ditolak akibat dari penuhnya beban dan kapasitas rumah sakit.

Ketua SBSI Korwil DIY Dani Eko Wiyono mengatakan, pemerintah sudah seharusnya menyediakan tempat penginapan darurat sebagai imbas dari banyaknya pasien yang akhirnya tidak bisa mendapat perawatan secara intensif. Menurutnya, tempat penginapan seperti motel hingga hotel perlu dijadikan ruang isolasi pasien Covid-19.

“Ini tentu penting agar pasien ini mendapat ruang pemulihan yang layak. Nah, jika pemerintah merasa kebutuhan tenaga (pekerja) kurang, koordinasi dengan serikat (buruh), kami punya data pekerja yang terkena PHK. Mereka tentu ingin bekerja,” ujar Dani, Kamis (15/7/2021).

Para pekerja yang jadi korban PHK tersebut, kata Dani, dapat diberi pelatihan dan diarahkan untuk menjadi tenaga bantu bagi petugas kesehatan. Sehingga penanganan terhadap pasien Covid-19 bisa lebih cepat dilakukan.

Namun pihaknya menegaskan juga perlu memperhatikan terkait dengan hak para pekerja tersebut nantinya.

“Bisa saja dilatih bagaimana membuat ruangan atau kamar pasien nanti bersih dan layak digunakan. Tetapi harus jelas terkait haknya mereka, makannya bagaimana, termasuk pembayarannya. Jika hanya membuka lowongan untuk tenaga medis ya tidak banyak yang ingin daftar,” terangnya dalam berita SuaraJogja.id--jaringan Ayoyogya.com.

Dani menambahkan, hal tersebut dapat menjadi opsi lain untuk lebih menambah tempat perawatan pasien Covid-19. Tentunya dengan ditindaklanjuti dengan koordinasi antara pemerintah dan penginapan-penginapan yang ada di Yogyakarta.

“Jadi itu bisa menjadi pertimbangan, masa begitu saja tak bisa. Membuat kebijakan PPKM Darurat saja bisa tapi masalah tempat perawatan tidak bisa,” imbuhnya.

Halaman:

Editor: Regi Yanuar Widhia Dinnata

Tags

Terkini

Info Lowongan Kerja PT Telkom, Ini Persyaratannya

Rabu, 22 September 2021 | 10:25 WIB

Inilah Ciri Kode Redeem FF 22 September 2021 yang Asli

Rabu, 22 September 2021 | 05:00 WIB

7 Ponsel Murah Spek Gahar Terbaik untuk September 2021

Rabu, 22 September 2021 | 01:14 WIB

Rekomendasi 10 Ponsel dengan Triple Kamera Terbaik

Rabu, 22 September 2021 | 00:51 WIB

Kelebihan Redmi 10, Review Ponsel Murah dari Xiaomi

Rabu, 22 September 2021 | 00:29 WIB

ADA SG 2 UNGU dalam Kode Redeem FF 22 September 2021

Selasa, 21 September 2021 | 21:27 WIB
X