Mobilitas Warga Yogyakarta Turun 15 Persen selama PPKM

- Rabu, 7 Juli 2021 | 22:28 WIB
Ilustrasi -- tenaga kesehatan yang tengah berjuang merawat pasien Covid-19 (Republika / Abdan Syakura)
Ilustrasi -- tenaga kesehatan yang tengah berjuang merawat pasien Covid-19 (Republika / Abdan Syakura)

YOGYAKARTA, AYOYOGYA.COM -- Mobilitas warga DIY disebut masih cukup tinggi sejak diterapkannya PPKM darurat pada 3 Juli lalu.

"Kepatuhan masyarakat terkait aturan-aturan PPKM masih rendah, mobilitas masyarakat di DIY baru berkurang antara 13-15 persen," sebut Kepala Satpol PP DIY, Noviar Rahmad, Rabu (7/7/2021).

Dengan demikian, penurunan mobilitas masyarakat di DIY masih jauh dari target yang ditentukan. Pasalnya, pemerintah pusat sudah menargetkan bahwa mobilitas warga di DIY dan Jawa Tengah setidaknya dapat turun 50 persen atau minimal 30 persen di masa PPKM darurat. 

AYO BACA : Pakar UGM Sebut Disinfektan Jalan dan Penyekatan Tak Efektif

"Kalau seperti ini terus, tidak ada peningkatan disiplin dari masyarakat, kalau masih belum turun (kasus Covid-19) karena mobilitas masyarakat masih tinggi, kita susah habis-habisan, sia-sia yang kita lakukan," ungkapnya dalam berita Republika--jaringan Ayoyogya.

Pihaknya pun akan memperketat penyekatan di tiap kabupaten/kota. Hal ini dilakukan bersama dengan personel gabungan dari TNI dan kepolisian dalam rangka menurunkan mobilitas masyarakat.

"Kita berharap kesadaran yang tinggi dari masyarakat, ayo kita tahan diri sampai tanggal 20 Juli. Misalnya tidak ada keseragaman, ada yang disiplin dan ada yang tidak, ada yang mencari celah, ini yang jadi masalah," jelas Noviar yang juga Koordinator Satgas Covid-19 DIY Bidang Keamanan dan Penegakan Hukum itu.

AYO BACA : PPKM Kota Jogja, Pasar yang Tak Jual Kebutuhan Pokok Ditutup

Dengan kesadaran yang tinggi untuk mengurangi mobilitas, pihaknya optimis selama PPKM darurat ini dapat menurunkan kasus Covid-19 secara signifikan khususnya di DIY. Pasalnya, kasus Covid-19 di DIY beberapa hari ini masih mengkhawatirkan yang dilaporkan di atas seribu kasus baru per harinya.

Halaman:

Editor: Regi Yanuar Widhia Dinnata

Tags

Terkini

5 Penyebab Tenaga Mesin Diesel Loyo

Minggu, 26 September 2021 | 16:49 WIB

5 Makhluk Ajaib yang Tenar di Film Harry Potter

Minggu, 26 September 2021 | 14:00 WIB

Semua Vaksin Gratis, Jika Ada yang Berbayar Lapor di Sini

Minggu, 26 September 2021 | 13:20 WIB

PON XX Papua, Menhub RI Pastikan Akses Transportasi Aman

Minggu, 26 September 2021 | 12:27 WIB

Pola Hidup Vegetarian, Antara Gaya Hidup atau Kesehatan?

Minggu, 26 September 2021 | 11:31 WIB

Overthingking Bikin Mudah Sakit, Berikut Penjelasannya

Minggu, 26 September 2021 | 09:35 WIB
X