Larangan Mudik, DIY Tak Terima Wisatawan dari Luar Daerah

- Senin, 26 April 2021 | 22:16 WIB
Ilustrasi larangan dan pengetatan mudik. [Suara.com]
Ilustrasi larangan dan pengetatan mudik. [Suara.com]

YOGYAKARTA, AYOYOGYA.COM -- Pemda DIY menegaskan, tidak akan menerima wisatawan dari luar Jogja selama larangan mudik yang ditetapkan pemerintah pusat.

Sekda DIY, Kadarmanta Baskara AJi mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan provinsi lain untuk melakukan penyekatan di daerah perbatasan.

"Regulasinya tidak boleh ada lintas provinsi, Sehingga kita akan setop seluruh pengunjung dari luar provinsi. Kita bekerja sama dengan Jateng dan (wisatawan yang bepergian dengan) pesawat dan kereta tentu (juga ada kerja sama) dengan provinsi-provinsi lain," kata Aji di Jogja Expo Center, Bantul, Senin (26/4/2021).

Begitu pun dengan wisatawan luar daerah yang sudah memesan tiket masuk ke destinasi wisata melalui aplikasi Visiting Jogja, tetap tidak diperbolehkan. Pihaknya tegas melarang wisatawan luar daerah masuk ke DIY guna menekan penularan Covid-19.

"Sehingga pada saat liburan (Lebaran) itu tidak akan ada wisatawan dari luar DIY, walaupun mereka sudah mendaftar di Visiting Jogja," ujar Aji, dikutip dari Republika.co.id--jaringan Ayoyogya.com.

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyebut, Indonesia juga ditutup untuk wisatawan asing. Beberapa penerbangan internasional juga masih ditutup.

Terutama wisatawan yang berasal dari India mengingat kasus Covid-19 belum terkendali di negara tersebut. Hal ini diungkapkan Sandi saat mengunjungi pelaksanaan vaksinasi di Jogja Expo Center, Bantul, Senin (26/4).

"Jadi ini langkah yang diambil, sekali lagi untuk memastikan penularan Covid-19 dapat ditekan. Sehingga, situasinya kondusif dan terkendali," kata Sandi.

Editor: Regi Yanuar Widhia Dinnata

Tags

Terkini

5 Penyebab Tenaga Mesin Diesel Loyo

Minggu, 26 September 2021 | 16:49 WIB

5 Makhluk Ajaib yang Tenar di Film Harry Potter

Minggu, 26 September 2021 | 14:00 WIB

Semua Vaksin Gratis, Jika Ada yang Berbayar Lapor di Sini

Minggu, 26 September 2021 | 13:20 WIB

PON XX Papua, Menhub RI Pastikan Akses Transportasi Aman

Minggu, 26 September 2021 | 12:27 WIB

Pola Hidup Vegetarian, Antara Gaya Hidup atau Kesehatan?

Minggu, 26 September 2021 | 11:31 WIB

Overthingking Bikin Mudah Sakit, Berikut Penjelasannya

Minggu, 26 September 2021 | 09:35 WIB
X