Simak 5 Khasiat Oat untuk Kekebalan Tubuh

- Sabtu, 3 April 2021 | 15:53 WIB
Ilustrasi--Olahan bubur oat (Pixabay)
Ilustrasi--Olahan bubur oat (Pixabay)

 

YOGYAKARTA, AYOYOGYA.COM--Tak hanya enak dan praktis untuk dikonsumsi, oat juga mengandung sejumlah manfaat kesehatan. Kandungan oat yang kaya akan serat, protein, mineral dan senyawa lain pun dapat berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan atau imun tubuh.

Sebagaimana dilansir dari Republika, Sabtu 3 April 2021, berikut manfaat mengonsumsi oat untuk kekebalan tubuh, berdasarkan sumber dan penelitian ilmiah : 

1. Meningkatkan respons kekebalan terhadap infeksi tertentu

Oat mengandung jenis serat beta-glukan yang dapat membantu mendukung kesehatan kekebalan. Beta-glukan adalah bentuk serat larut yang bergerak perlahan melalui saluran pencernaan, dan menangkap kolesterol saat mengalir. Beta-glukan juga memiliki kemampuan antioksidan dan antimikroba yang bisa menguatkan sistem imun dan memainkan peran penting dalam melindungi tubuh dari penyakit menular.

Studi tahun 2003 menemukan bahwa beta-glukan yang diekstrak dari oat dapat meningkatkan ketahanan terhadap infeksi dari Staphylococcus aureus, bakteri yang diketahui menyebabkan infeksi kulit, pneumonia, infeksi katup jantung, dan infeksi tulang.

2. Membuat sistem kekebalan lebih efisien secara keseluruhan

Beta-glukan yang terkandung dalam oat juga bertindak sebagai agen imunomodulator, yang memicu serangkaian kejadian yang dapat membantu sistem kekebalan berfungsi lebih efisien. Caranya dengan memicu aktivitas makrofag, sel kekebalan yang menghancurkan patogen. Makrofag juga melepaskan sitokin, bahan kimia yang memungkinkan sel kekebalan untuk berkomunikasi satu sama lain, sehingga membuatnya lebih kuat dalam melindungi tubuh dari infeksi.

3. Selenium menurunkan stres oksidatif sekaligus meningkatkan kekebalan

Halaman:

Editor: Nur Khansa Ranawati

Tags

Terkini

Nyetir Saat Mabuk, Lizzy ex-After School Kena Denda

Kamis, 28 Oktober 2021 | 23:00 WIB

PCA 2021 Tunjuk BTS, TXT dan Squid Game Jadi Nominasi

Kamis, 28 Oktober 2021 | 21:00 WIB

Sebut Siswa Teroris, Guru di AS Terkena Skorsing

Rabu, 27 Oktober 2021 | 20:00 WIB

Sempat Kritis, Penyanyi Oddie Agam Meninggal Dunia

Rabu, 27 Oktober 2021 | 14:05 WIB
X