Ada 113 Kasus Kekerasan Pada Perempuan dan Anak di Jogja

- Jumat, 27 November 2020 | 21:19 WIB
Ilustrasi, kekerasan anak (istimewa)
Ilustrasi, kekerasan anak (istimewa)

KOTA YOGYAKARTA, AYOYOGYA.COM -- Pemkot Yogyakarta mengatakan, masih banyak perempuan dan anak yang mengalami kekerasan di wilayahnya.

Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Perlindungan Anak (DPMPPA) Kota Yogyakarta mencatat seratus lebih kekerasan terhadap perempuan dan anak.

"Data kekerasaan perempuan dan anak yang dilaporkan dan ditangani oleh UPT P2TP2A (Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak) Kota Yogyakarta selama bulan Januari sampai Oktober 2020 sebanyak 113 orang," kata Kepala DPMPPA Kota Yogyakarta Edy Muhammad.

Melansir dari Republika, Jumat (27/11/2020), Edy menyebut, masih banyaknya kekerasan ini menjadi perhatian yang besar. Berbagai upaya pun dilakukan, salah satunya dengan kampanye anti kekerasan terhadap perempuan dan anak di beberapa titik di Kota Yogyakarta.

Kampanye ini dilakukan pada 26 November hingga 16 Desember yang juga digelar dalam rangka peringatan hari anti kekerasan terhadap perempuan dan anak. Kampanye ini juga sebagai upaya pencegahan tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak di Kota Yogyakarta.

Pihaknya menggandeng 90 Satuan Tugas Siap gerak Atasi Kekerasan (Satgas Sigrak) di Kota Yogyakarta. Edy menuturkan, Satgas ini bertugas untuk membangun kesadaran warga Kota Yogyakarta agar mempunyai kepedulian atas hak-hak perempuan dan anak.

"90 Satgas Sigrak terdiri dari Satgas Sigrak kecamatan dan kelurahan," ujarnya.

Dalam kampanye tersebut juga diberikan informasi terkait fasilitas layanan pengaduan UPT P2TP2A. Layanan ini diantaranya adanya hotline service dan SIKAP dengan aplikasi Jogja Smart Service (JSS). "Selain kampanye juga diselenggarakan roadshow sosialisasi Satgas Sigrak di 14 kecamatan," jelasnya.

Editor: Regi Yanuar Widhia Dinnata

Tags

Terkini

Nyetir Saat Mabuk, Lizzy ex-After School Kena Denda

Kamis, 28 Oktober 2021 | 23:00 WIB

PCA 2021 Tunjuk BTS, TXT dan Squid Game Jadi Nominasi

Kamis, 28 Oktober 2021 | 21:00 WIB

Sebut Siswa Teroris, Guru di AS Terkena Skorsing

Rabu, 27 Oktober 2021 | 20:00 WIB

Sempat Kritis, Penyanyi Oddie Agam Meninggal Dunia

Rabu, 27 Oktober 2021 | 14:05 WIB
X