Pedagang Rugi Besar akibat Akses Pasar Hewan Siyonoharjo Disekat

- Rabu, 7 Juli 2021 | 14:53 WIB
Penyekatan di sekitar pasar hewan Siyonoharjo, Rabu (7/7/2021). [Suara.com / Julianto]
Penyekatan di sekitar pasar hewan Siyonoharjo, Rabu (7/7/2021). [Suara.com / Julianto]

GUNUNGKIDUL, AYOYOGYA.COM -- Aparat gabungan mulai melakukan penyekatan di semua akses menuju pasar hewan terbesar di Gunungkidul, yakni Pasar Hewan Siyonoharjo.

Semua pengunjung yang hendak masuk ke pasar harus melalui pemeriksaan dari petugas gabungan. Mereka harus bisa menunjukkan surat antigen negatif Covid-19. Jika tidak bisa menunjukkan surat tersebut, maka diminta untuk putar balik atau tak diperkenankan masuk ke area pasar.

Cukup banyak pedagang hewan maupun pengunjung Pasar Hewan Siyonoharjo yang terpaksa putar balik. Pasalnya tidak hanya yang berasal dari luar daerah tetapi semua pengunjung atau pedagang harus dapat menunjukkan surat negatif rapid test antigen.

Akibatnya, jumlah pengunjung Pasar Hewan Siyonoharjo mengalami penurunan drastis. Sepinya pengunjung ini sangat terasa bagi pedagang hewan, khususnya menjelang Iduladha. 

AYO BACA : Pemadaman Lampu di Malioboro Disebut Efektif Cegah Kerumunan

Hampir semua pedagang mengaku kecewa dengan penyekatan tersebut karena dagangan mereka tidak laku. Padahal untuk membawa dagangan hewan ke pasar membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Bahkan mereka nanti harus "nombok" lebih banyak untuk memelihara sapinya lebih lama.

Haryono, pedagang asal Padukuhan Kranon, Kalurahan Wonosari, mengaku sangat kecewa. Jumlah pengunjung cukup drastis sehingga dagangannya tidak laku. Sebanyak empat ekor sapi yang ia bawa dari rumah sama sekali belum ada yang menawar.

"Sepi banget. Ndak tahu laku apa tidak," ujarnya Rabu (7/7/2021).

Haryono mengaku tidak mengetahui akan ada penyekatan karena sehari sebelumnya belum ada informasi. Informasi baru mereka dapatkan pagi tadi, dan mereka kaget karena semua pengunjung yang tidak bisa menunjukkan terhadap antigen tidak diperkenankan masuk.

Halaman:

Editor: Regi Yanuar Widhia Dinnata

Tags

Terkini

Mengharukan! Badut Berpenghasilan Rp20.000 Bantu ODGJ

Jumat, 24 September 2021 | 16:30 WIB

10 Tempat Ngopi Asyik dan Instagramable di Jogja

Jumat, 24 September 2021 | 12:00 WIB

10 Rekomendasi Kuliner Murah dan Legendaris di Jogja

Kamis, 23 September 2021 | 15:30 WIB
X