Seluruh SD-SMP Kota Jogja Siap Sekolah Tatap Muka

- Jumat, 28 Mei 2021 | 04:14 WIB
Ilustrasi Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) saat pandemi Covid-19 (Ayobandung.com/Kavin Faza)
Ilustrasi Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) saat pandemi Covid-19 (Ayobandung.com/Kavin Faza)

KOTA YOGYAKARTA, AYOYOGYA.COM -- Disdik Kota Jogja menyampaikan, sudah melaksanakan verifikasi protokol kesehatan terhadap SD dan SMP yang akan melakukan pembelajaran tatap muka (PTM).

Diklaim seluruh SD dan SMP di Kota Yogyakarta sudah siap untuk melaksanakan PTM.

Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Jogja juga akan melakukan simulasi lanjutan PTM di 10 sekolah mulai pekan depan. Simulasi tahap kedua ini melibatkan lima SD dan lima SMP di Kota Yogyakarta.

"Kami sudah verifikasi ke semua sekolah SD dan SMP sebanyak tiga kali, bukan hanya 10 sekolah (yang terlibat dalam simulasi), hasilnya semua sudah siap. Sebetulnya semua dari sisi sekolah sudah siap," kata Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, Dedi Budiono, Kamis (27/5/2021).

Sesuai dengan SKB Empat Menteri yang mewajibkan sekolah untuk memberikan opsi pembelajaran tatap muka, pihaknya juga akan melaksanakan aturan tersebut. Walaupun begitu, kata Dedi, keputusan akhir tetap ada di orang tua.

Jika orang tua mengizinkan untuk melaksanakan pembelajaran tatap muka, maka pihaknya akan memulai tatap muka secara menyeluruh di tingkat SD dan SMP. Pihaknya juga sudah menyiapkan pendukung terlaksananya protokol kesehatan dengan baik di seluruh sekolah.

"Kalau diizinkan nanti siswa ikut PTM, bagi yang tidak diizinkan tidak ada sanksi dan dapat tetap belajar di rumah. Sekolah tetap wajib menyelenggarakannya pembelajaran jarak jauh bagi yang belajar dari rumah, jadi di tahun ajaran baru sekolah harus menyiapkan dua model pembelajaran yakni tatap muka dan jarak jauh," ujarnya dalam berita Republika.co.id--jaringan Ayoyogya.com.

Khusus untuk jenjang TK, belum direncanakan untuk pembelajaran tatap muka. Pihaknya baru akan melaksanakan verifikasi di pekan ini hingga pekan depan.

"Kita lihat seperti apa di TK, tapi Kalau untuk SD dan SMP semuanya excellent untuk kesiapan protokol kesehatannya. Opsi pembelajaran tatap muka (sesuai SKB Empat Menteri) hanya untuk SD dan SMP," jelas Dedi.

Halaman:

Editor: Regi Yanuar Widhia Dinnata

Tags

Terkini

10 Objek Wisata Jogja Viral yang Wajib Dikunjungi 

Rabu, 22 September 2021 | 03:07 WIB

Sleman Komitmen Genjot Swasembada Daging Sapi

Selasa, 21 September 2021 | 16:00 WIB

KIPI Usai Vaksin Covid-19 Benarkah Ubah Siklus Menstruasi

Selasa, 21 September 2021 | 10:20 WIB

Cakupan Vaksinasi di Bantul Capai 52,23 Persen

Senin, 20 September 2021 | 19:30 WIB
X