Ada Perubahan, Berikut Sistem PPDB 2021 Bantul Tingkat SD dan SMP

- Selasa, 25 Mei 2021 | 10:01 WIB
Ilustrasi PPDB 2019. (HiTekno.com/Dinar Surya Oktarini)
Ilustrasi PPDB 2019. (HiTekno.com/Dinar Surya Oktarini)

BANTUL, AYOYOGYA.COM -- Ada perubahan sistem seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2021 di Bantul.

Jika sebelumnya usia menjadi salah satu syarat diterimanya seorang murid, kini hal tersebut tak menjadi syarat utama.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Bantul Isdarmoko menjelaskan bahwa tahun ini ada beberapa perbedaan kriteria penerimaan murid baru untuk jenjang SD dan SMP. Ada empat jalur yang disediakan, di antaranya adalah zonasi, afirmasi, pemindahan orang tua atau wali dan prestasi paling banyak.

"Kita di Bantul zonasi kuotanya 55 persen termasuk yang 5 persen mengakomodir yang domisili jaraknya 500 meter itu," kata Isdarmoko dalam sosialisasi di Gedung Induk Bantul">Pemkab Bantul Senin (24/5/2021).

Selanjutnya untuk jalur afirmasi tersedia kuota sebanyak 15 persen, dan sudab termasuk kuota untuk Anak Berkebutuhan Khusus atau inklusi. Jalur selanjutnya adalah perpindahan orang tua atau wali hanya sebesar 5 persen. Terakhir adalah jalur prestasi dengan kuota paling banyak 25 persen.

Untuk jalur zonasi sendiri akan menggunakan sistem poin. Dengan harapan, siswa bisa masuk ke sekolah yang terletak tak jauh dari kediaman mereka. Sehingga kuotanya diberikan paling besar yakni 55 persen. Ketentuannya adalah dibuktikan dengan Kartu Keluarga orang tua yang minimal sudah berusia satu tahun.

Murid yang mendaftar di sekolah dengan radius tempat tinggal masih dalam satu kecamatan akan mendapatkan 50 poin. Sementara jika berada di luar kecamatan namun beda zonasi mendapatkan poin 30 dan jika berada di luar zonasi maka poin yang didapatkan adalah 20. Setelah diberikan poin, kemudian diberikan peringkat melalui hasil ASPD.

"Jadi kita rata-rata nilai lima semester. Itu ditambah dengan rata-rata ASPD," imbuhnya dalam berita Suara--jaringan Ayoyogya.

Dari 17 kapanewon yang ada di Bantul, dibagi ke dalam lima zona. Dalam setiap zona ada yang terdiri dari empat kapanewon maupun tiga kapanewon. Pembagian tersebut diambil berdasarkan pertimbangan jarak antar kapanewon dan jumlah lulusan SD serta daya tampung di SMP.

Halaman:

Editor: Regi Yanuar Widhia Dinnata

Tags

Terkini

10 Objek Wisata Jogja Viral yang Wajib Dikunjungi 

Rabu, 22 September 2021 | 03:07 WIB

Sleman Komitmen Genjot Swasembada Daging Sapi

Selasa, 21 September 2021 | 16:00 WIB

KIPI Usai Vaksin Covid-19 Benarkah Ubah Siklus Menstruasi

Selasa, 21 September 2021 | 10:20 WIB

Cakupan Vaksinasi di Bantul Capai 52,23 Persen

Senin, 20 September 2021 | 19:30 WIB
X