JCW Minta Kepsek dan Guru yang Bocorkan ASPD Disanksi Berat

- Rabu, 14 April 2021 | 00:53 WIB
Ilustrasi matematika (Istimewa/Suara.com)
Ilustrasi matematika (Istimewa/Suara.com)

SLEMAN, AYOYOGYA.COM -- Tim Pencari Fakta (TPF) kasus bocornya soal mata pelajaran Matematika di SMPN 4 Depok, Sleman, mengumumkan hasil temuannya.

Hasilnya, Kepala Sekolah dan guru Matematika terbukti membocorkan materi ujian Asesmen Standar Pendidikan Daerah (ASPD) pada 5 hingga 8 April 2021 lalu.

Merespons hal ini, Kepala Divisi Pengaduan Masyarakat dan Investigasi Jogja Corruption Watch (JCW) Baharuddin Kamba mengatakan, terbuktinya kepsek dan guru tersebut membocorkan soal tidak saja melanggar pakta integritas dan kode etik pendidikan. Akan tetapi, perbuatan kepala sekolah dan guru itu tidak mencerminkan seorang pendidik.

"(Mereka) merendahkan nilai-nilai kejujuran serta juga tidak menghargai usaha para orang tua yang mengikutsertakan anaknya mengikuti bimbingan belajar (bimbel) dengan biaya yang tidak murah," ungkap Kamba dalam keterangan resminya yang diterima Ayoyogya.com, Selasa (13/4/2021).

Kamba menilai sanksi penonaktifan kepsek dan guru itu selama dua minggu rasanya tidak cukup dan tidak adil. "Sanksi pemberhentian secara tidak hormat dapat diberikan. Selain itu proses pidana umum harus dijalankan tidak cukup sanksi administrasi," ungkapnya.

"Kepala Sekolah SMPN dan guru mata pelajaran Matematika harus meminta maaf secara terbuka melalui media massa," tambahnya.

Diberitakan sebelumnya, Sekda DIY Baskara Aji mengungkapkan bila kedua pelaku benar-benar terbukti melakukan tindakan kecurangan, maka Pemda meminta kepsek maupun guru Matematika diberikan sanksi tegas. Bahkan bila diperlukan, keduanya akan di-black list.

"Kalau PNS ya disanksi sesuai disiplin pegawai. Kalau buka PNS ya diberikan sanksi sesuai aturan," ujarnya.

Aji tidak ingin sekolah hanya mengejar nilai terbaik bagi peserta didik dalam ASPD. Sebab ujian tersebut dilaksanakan tidak semata-mata untuk proses Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) di DIY namun juga memetakan kualitas pendidikan di masing-masing wilayah.

Halaman:

Editor: Regi Yanuar Widhia Dinnata

Tags

Terkini

10 Objek Wisata Jogja Viral yang Wajib Dikunjungi 

Rabu, 22 September 2021 | 03:07 WIB

Sleman Komitmen Genjot Swasembada Daging Sapi

Selasa, 21 September 2021 | 16:00 WIB

KIPI Usai Vaksin Covid-19 Benarkah Ubah Siklus Menstruasi

Selasa, 21 September 2021 | 10:20 WIB

Cakupan Vaksinasi di Bantul Capai 52,23 Persen

Senin, 20 September 2021 | 19:30 WIB
X