YIA Kulon Progo Disebut Pantas Jadi Role Model

- Rabu, 14 April 2021 | 00:03 WIB
Bandara Yogyakarta International Airport (Istimewa)
Bandara Yogyakarta International Airport (Istimewa)

KULON PROGO, AYOYOGYA.COM -- Anggota Komisi V DPR Muhammad Fauzi mengatakan, Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulon Progo pantas menjadi role model atau panutan.

Karena, Bandara Internasional Yogyakarta (BIY) tersebut memiliki konsep tahan gempa dan rencana mitigasi bencana yang baik.

"Mitigasi bencana yang disiapkan bandara ini cukup lengkap, di antaranya yakni ada kawasan sabuk hijau untuk mitigasi tsunami," kata Muhammad Fauzi, dilansir dari Antara dan Republika, Selasa (13/4/2021).

Selain itu, ujar dia, bangunan YIA tersebut juga dirancang untuk menahan gempa dengan kekuatan 8,8 magnitudo, di mana hal ini merupakan yang pertama di Indonesia.

Ia juga mengemukakan guna mengantisipasi erupsi Gunung Merapi, desain rangka atap bandara juga telah disiapkan untuk menahan abu vulkanik setebal 5 cm.

"Indonesia sebagai negara yang rawan bencana perlu menyiapkan fasilitas publik yang berkaitan dengan berbagai aspek, termasuk masalah mitigasi," ujarnya.

Fauzi bersama Anggota Komisi V DPR lainnya telah melakukan kunjungan kerja di Kulon Progo, DIY, 10 April 2021. Fauzi berharap Bandara Kulon Progo dapat terus berkembang dan melayani lebih banyak lagi rute penerbangan dalam dan luar negeri.

"Ini aset bangsa dan kita berharap dari bandara akan banyak pemasukan untuk negara yang bisa didatangkan," tutupnya.

Sementara itu, anggota Komisi V DPR Sukamto meminta agar pembangunan infrastruktur Kereta Api Bandara Yogyakarta dapat dipercepat pengerjaannya.

Halaman:

Editor: Regi Yanuar Widhia Dinnata

Tags

Terkini

10 Objek Wisata Jogja Viral yang Wajib Dikunjungi 

Rabu, 22 September 2021 | 03:07 WIB

Sleman Komitmen Genjot Swasembada Daging Sapi

Selasa, 21 September 2021 | 16:00 WIB

KIPI Usai Vaksin Covid-19 Benarkah Ubah Siklus Menstruasi

Selasa, 21 September 2021 | 10:20 WIB

Cakupan Vaksinasi di Bantul Capai 52,23 Persen

Senin, 20 September 2021 | 19:30 WIB
X