Disdik Jogja Patuh SKB 3 Menteri Terkait Seragam

- Jumat, 5 Februari 2021 | 04:00 WIB
Ilustrasi siswa (Ayobandung.com)
Ilustrasi siswa (Ayobandung.com)

KOTA YOGYAKARTA, AYOYOGYA.COM -- Dinas Pendidikan Kota Jogja siap mematuhi SKB 3 Menteri.

Untuk diketahui, baru-baru ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Kementerian Agama (Kemenag) dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menerbitkan Surat Keputusan Bersama (SKB) terkait Penggunaan Pakaian Seragam dan Atribut di Lingkungan Sekolah.

Merespons SKB tersebut, Kepala Disdik Kota Yogyakarta, Budi Santosa Asrori mengatakan, pihaknya sudah menerapkan aturan yang sama sejak lama.

Adapun di Kota Yogyakarta, katanya, tidak ada aturan yang mengharuskan penggunaan seragam dan atribut dengan kekhususan agama tertentu di sekolah.

"Yogyakarta kan selama ini tidak ada pemaksaan dalam seragam. Seragam dibebaskan, jadi sudah sesuai dan tidak ada masalah dengan SKB itu," kata Budi, Kamis (4/1/2021).

Budi mengeklaim, bahwa belum ada kejadian sekolah di Kota Yogyakarta yang memaksakan murid dan gurunya untuk menggunakan seragam dan atribut dengan kekhususan agama tertentu. Terutama di sekolah negeri.

"Kalau di Kota Yogyakarta, SMP (misalnya) tidak ada hal-hal begitu," jelasnya.

Dalam tata tertib sekolah pun, katanya, sudah ada ketentuan untuk tidak mengharuskan adanya penggunaan atribut keagamaan tertentu.

"Sebetulnya, kita sudah ada aturan dan pedoman tata tertib sekolah yang tidak harus pakai ini itu. Terserah pada masing-masing siswa dan orang tua, dibebaskan dalam berpakaian yang penting sopan," ujarnya.

Halaman:

Editor: Regi Yanuar Widhia Dinnata

Tags

Terkini

10 Objek Wisata Jogja Viral yang Wajib Dikunjungi 

Rabu, 22 September 2021 | 03:07 WIB

Sleman Komitmen Genjot Swasembada Daging Sapi

Selasa, 21 September 2021 | 16:00 WIB

KIPI Usai Vaksin Covid-19 Benarkah Ubah Siklus Menstruasi

Selasa, 21 September 2021 | 10:20 WIB

Cakupan Vaksinasi di Bantul Capai 52,23 Persen

Senin, 20 September 2021 | 19:30 WIB
X