Perekonomian DIY kembali Tunjukkan Positif

- Selasa, 10 Mei 2022 | 11:30 WIB
Ilustrasi laju perekonomian. (Pixabay)
Ilustrasi laju perekonomian. (Pixabay)

 

KOTA YOGYAKARTA, AYOYOGYA.COM - Pertumbuhan Ekonomi DIY Triwulan I 2022 Ekonomi DIY kembali mencatatkan pertumbuhan positif pada awal tahun 2022.

Berdasarkan data yang dirilis oleh BPS DIY, ekonomi DIY mencatatkan pertumbuhan 2,91% (qtq), realisasi pertumbuhan ini lebih tinggi dibandingkan dengan pertumbuhan nasional sebesar -0,96% (qtq).

Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, pada triwulan I 2022 ekonomi DIY juga tumbuh lebih tinggi sebesar 2,91% (yoy) daripada triwulan sebelumnya yakni 2,82% (yoy) pada triwulan I 2021.

Melansir siaran pers, Selasa (10/5/2022), Budiharto Setyawan, Direktur Bank BI DIY pertumbuhan yang lebih tinggi menunjukkan mobilitas masyarakat yang semakin meningkat mendorong berlajutnya perbaikan aktivitas ekonomi.

Menurut lapangan usaha, pertumbuhan ekonomi DIY ditopang oleh lapangan usaha pertanian, transportasi, dan jasa lainnya.

Lapangan usaha pertanian menjadi sumber pertumbuhan tertinggi secara year-on-year (yoy) pada triwulan I, yaitu sebesar 1,02%.

Baca Juga: Puan Beri Gambaran Roadmap Ekonomi dan Industri Indonesia menuju Superpower Dunia

Pertumbuhan ini didorong seiring dengan panen komoditas hortikultura. Momentum lebaran 2022 yang disertai dengan pelonggaran mobilitas berdampak pada peningkatan lapangan usaha transportasi.

Halaman:

Editor: Rahajeng Pramesi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Harkitnas, Sleman Laksanakan Upacara Bendera

Sabtu, 21 Mei 2022 | 10:00 WIB
X