Ahli Klaim Kemungkinan Wabah Hepatitis Akut Dipicu Anjing dan Parasetamol

- Senin, 9 Mei 2022 | 16:00 WIB
Ilustrasi Hepatitis akut misterius pada anak yang patut untuk diwaspadai. (Shutterstock)
Ilustrasi Hepatitis akut misterius pada anak yang patut untuk diwaspadai. (Shutterstock)

JAKARTA, AYOYOGYA.COM -- Awal pekan ini, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat, setidaknya ada 230 kasus hepatitis misterius pada anak yang ditemukan di berbagai belahan dunia.

Para ahli mensinyalir, hewan peliharaan anjing atau penggunaan parasetamol bisa jadi turut berperan dalam memicu hepatitis yang belum diketahui penyebabnya ini.

Kaitan antara wabah hepatitis akut dengan anjing dan parasetamol ini diungkapkan UK Health Security Agency (UKHSA).

Menurut data UKHSA, 64 dari 92 anak yang terkena hepatitis akut berasal dari keluarga yang memiliki hewan peliharaan anjing atau pernah berkontak dengan anjing.

Tim medis saat ini sedang menginvestigasi hubungan antara hepatitis akut dan anjing. Namun, para ahli juga menyoroti kemungkinan banyaknya pasien hepatitis akut yang berkontak dengan dengan anjing disebabkan tingginya tingkat kepemilikan anjing sebagai hewan peliharaan di Inggris.

Data juga menemukan, tiga perempat anak dengan hepatitis akut menggunakan parasetamol.

Baca Juga: Lebaran, IDI dan IDAI Himbau Kewaspadaan Dini Kemunculan Hepatitis Akut

Hanya sedikit pasien hepatitis akut yang menggunakan ibuprofen dan tak ada satupun menggunakan aspirin. Namun, tim ahli menilai prevalensi penggunaan parasetamol konsisten dengan panduan manajemen penyakit akut pada anak.

Secara umum, hepatitis merupakan peradangan pada hati dan biasanya disebabkan oleh virus hepatitis A, B, C, D, dan E. Wabah yang terjadi saat ini dijuluki sebagai hepatitis misterius karena penyebab pastinya masih belum diketahui. 

Halaman:

Editor: Rahajeng Pramesi

Sumber: Republika

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Harkitnas, Sleman Laksanakan Upacara Bendera

Sabtu, 21 Mei 2022 | 10:00 WIB
X