Antisipasi Omicron Melonjak, RSA UGM Jogja Siap Aktifkan Ruang Isolasi

- Kamis, 20 Januari 2022 | 20:00 WIB
Ilustrasi Covid-19 varian Omicron.  (Pixabay)
Ilustrasi Covid-19 varian Omicron. (Pixabay)

YOGYAKARTA, AYOOYOGYA.COM- Rumah Sakit Akademi (RSA) UGM Jogja siap mengaktifkan lagi ruang isolasi pasien Covid-19 apabila kasus Omicron melonjak di DIY.

Direktur Medik dan Pelayanan Rumah Sakit Akademik (RSA) UGM, dr Ade Febrina mengatakan sebelumnya RSA UGM sudah memiliki pengalaman sebagai RS rujukan Covid-19 di DIY.

Sehingga, sudah mempunyai alur yang bisa segera diaktifkan kembali bila memang terjadi lonjakan kasus varian Omicron maupun varian lainnya.

Secara fasilitas sarana maupun prasarana, sudah terdapat 245 tempat tidur dengan tekanan negatif yang ada di RSA UGM. Yang mana, lanjut Ade, bisa segera diubah fungsinya menjadi ruang ranap infeksi untuk ranap reguler dan intensive care.

Baca Juga: Sleman Siap PTM 100 Persen di Tengah Perkembangan Varian Omicron  

RSA UGM memiliki 467 tempat tidur dan Lab Diagnostik Covid-19 24 jam. Baik untuk pemeriksaan Antigen dan RT-PCR penanganan pasien yang terindikasi Covid-19. Ada bangunan gedung khusus perawatan Covid di RSA terpisah dengan layanan reguler.

Dari mulai pendaftaran, kasir, apotek, poliklinik, rawat inap hingga Intensive Care Unit (ICU) sengaja dikhususkan menangani pasien Covid-19. Semua petugas memakai Alat Pelindung Diri (APD) level tiga sesuai standar yang ditetapkan WHO.

"Karenanya, RSA UGM siap menghadapi Covid-19 dengan aktivasi sistem tersebut," kata Ade, Rabu (19/1/2022).

Baca Juga: Pesan Sri Sultan untuk Penanganan Pasien Omicron: Dioptimalkan Agar Tak Meluas

Halaman:

Editor: Rahajeng Pramesi

Sumber: Republika

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Harkitnas, Sleman Laksanakan Upacara Bendera

Sabtu, 21 Mei 2022 | 10:00 WIB
X