Pemkab Sleman Tambah Personel Pengawas Pelototi Reklame Tak Berizin

- Kamis, 20 Januari 2022 | 18:30 WIB
Tangkapan layar kondisi lalu lintas saat ambruknya baliho di simpang empat Condong Catur, Depok, Sleman. (Akun twitter julianusstephensby)
Tangkapan layar kondisi lalu lintas saat ambruknya baliho di simpang empat Condong Catur, Depok, Sleman. (Akun twitter julianusstephensby)

YOGYAKARTA, AYOYOGYA.COM—Pemasangan reklame tak berizin masih marak terjadi di Kabupaten Sleman, DIY.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat pun semakin ketat dalam menyikapi adanya reklame terpasang tanpa izin, utamanya yang berbentuk baliho salah satunya menambah personel pengawas untuk mengawasi keberadaan reklame tak berizin.

Sekretaris Daerah Sleman Harda Kiswaya mengatakan, pihaknya sudah mengevaluasi perihal keberadaan baliho. Menyoal itu, diketahui ada beberapa stakeholder yang koordinasinya harus semakin dioptimalkan. Mulai dari BKAD, DPMPTSP, DPU PKP dan Sat Pol PP.

Harda mengatakan, identitas pemilik reklame harus ditampilkan di bangunan dan di reklame, menggunakan stiker yang terbuat dari bahan yang kuat dan tidak mudah lepas, tidak cepat rapuh atau lapuk dari cuaca.

Baca Juga: Semanu Dilanda Hujan Angin, Pohon Ambruk hingga Atap Terbang

Dari sisi pengendalian dan pengawasan bangunan, perizinan dan administrasi berkaitan bangunan harus tertib betul.

Selama belum dapat izin dari pemerintah untuk mendirikan bangunan, tidak boleh [berdiri]. Begitu ada di lapangan [bangunan & reklame melanggar], kami lakukan eksekusi, dibongkar bahkan," ujarnya, Rabu (19/1/2022).

Melansir SuaraJogja.id-jaringan Ayoyogya.com, Kamis (20/1). ia menambahkan, dengan cara tersebut maka Pemkab akan tahu persis bangunan yang akan berdiri. Pihaknya juga telah menegaskan kepada OPD terkait agar tak memberikan izin pendirian atau pemasangan reklame, sebelum diketahui betul konstruksinya.

Baca Juga: Heboh Baliho ‘Liburan Aman? Ke Solo Saja’ di Kota Jogja, Gibran: Itu Promosi Wisata, Tak Ada Kaitan Klitih

Halaman:

Editor: Rahajeng Pramesi

Sumber: Suara.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Harkitnas, Sleman Laksanakan Upacara Bendera

Sabtu, 21 Mei 2022 | 10:00 WIB
X