Pernyataan Sikap FSKBT dalam Menjaga Keamanan Sleman dari Kejahatan Jalanan

- Kamis, 20 Januari 2022 | 09:54 WIB
ilustrasi kejahatan (Republika)
ilustrasi kejahatan (Republika)

SLEMAN, AYOYOGYA –- Sebagai upaya menciptakan rasa aman dan nyaman di wilayah Kabupaten Sleman terkait dengan kejahatan jalanan, 5 Organisasi Masyarakat (Ormas) yang tergabung dalam Forum Silaturahmi Keluarga Besar TNI-Polri (FSKBTP) menyatakan sikap mengutuk segala jenis dan aksi kekerasan jalanan.

Sekretaris Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Sleman, Indra Darmawan mengatakan bahwa di Kabupaten Sleman terdapat sekitar 140 Ormas dan keberadaanya sejalan dengan ketugasan di Badan Kesbangpol Sleman yakni bersama-sama menjaga keamanan Kabupaten Sleman.

Baca Juga: Polda DIY Sarankan 3 Hal Ini agar Anda Terhindar dari Kejahatan Siber

“Jadi dalam ketugasan kami dalam Badan Kesbangpol Kabupaten Sleman, mengajak untuk bekerja sama membangun Sleman sebagai rumah bersama. Untuk diketahui bersama, bahwa Ormas yang berada di wilayah Kabupaten Sleman berjumlah kurang lebih 140 Ormas yang aktif. Kebetulan rekan-rekan dari FSKBTP yang hadir pada saat ini, dan berkenan untuk membantu kami dalam hal menciptakan rasa aman, tertib, dan tentram, terlebih dengan adanya kejahatan jalanan” ungkapnya.

Kelima Organisasi Masyarakat  tersebut diantaranya ialah Keluarga Besar Forum Komunikasi Putra-Putri TNI-Polri (KB FKPPI), Paseduluran  Keluarga Besar TNI-Polri, Generasi Muda Keluarga Besar Forum Komunikasi Putra-Putri TNI-Polri (GM FKPPI), Himpunan Putra-Putri Angkatan Darat (HIPAKAD), dan Keluarga Besar Putra-Putri Polri (KBPPOL) Sleman.

Beberapa pernyataan sikap FSKBTP di antaranya meminta aparat penegak hukum melakukan tindakan tegas dan terukur kepada pelaku, meskipun masih di bawah umur dengan menghadirkan para orang tua dan pihak sekolah, melakukan razia malam hari khususnya pengendara sepeda motor terutama pengendara di bawah umur.

Baca Juga: Curanmor di Gunungkidul Disebut Kejahatan Terorganisir

Ormas yang tergabung dalam FSKBTP mendukung penuh langkah aparat penegak hukum dalam hal ini Polri untuk menciptakan situasi aman dan nyaman di DIY dan wilayah Sleman pada khususnya.

Terkait poin-poin dalam pernyataan sikap tersebut, Ketua HIPAKAD Kemal Ahmad menuturkan harapannya kepada Pemerintah Kabupaten Sleman untuk memaksimalkan CCTV yang ada di wilayah Sleman guna membantu menjaga keamanan. 

Halaman:

Editor: Rahajeng Pramesi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Harkitnas, Sleman Laksanakan Upacara Bendera

Sabtu, 21 Mei 2022 | 10:00 WIB
X