Tegas! Sri Sultan Tolak Mentah-mentah Permintaan PKL untuk Menunda Relokasi Malioboro

- Sabtu, 15 Januari 2022 | 14:30 WIB
Pedagang oleh-oleh khas Jogja melayani pembeli di destinasi wisata Malioboro, Rabu (1/9/2021). (SuaraJogja.id/Muhammad Ilham Baktora)
Pedagang oleh-oleh khas Jogja melayani pembeli di destinasi wisata Malioboro, Rabu (1/9/2021). (SuaraJogja.id/Muhammad Ilham Baktora)

YOGYAKARTA, AYOYOGYA.COM— Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X yang juga Raja Kraton Ngayogyakarta menolak mentah-mentah permintaan penundaan para PKL terkait relokasi Malioboro.

Menurut Sultan tidak ada alasan PKL untuk menunda relokasi dalam rangka penataan Malioboro sebagai bagian dari pengajuan Sumbu Filosofi DIY sebagai warisan budaya dunia tak benda ke UNESCO.

"Nggak usah [ditunda relokasi pkl malioboro]. Nunggu [menunda relokasi] kui nunggu apa," ungkap Sultan di Kompleks Kepatihan Yogyakarta, Kamis (6/1/2022).

Melansir SuaraJogja.id-jaringan Ayoyogya.com, Sabtu (15/1), Sri Sultan mengatakan, Pemda DIY dan Pemkot Yogyakarta akan terus melanjutkan program relokasi PKL Malioboro. Relokasi dilakukan untuk menata kawasan Malioboro lebih harmonis sebagai warisan budaya dunia tak benda.

Baca Juga: Marak Skuter Listrik di Malioboro, Wawali Heroe: Kami Hentikan Dulu, Jangan Seperti Odong-Odong di Alkid

Adapun menurut PKL Malioboro penundaan relokasi hingga setelah Lebaran ini diharapkan PKL untuk memiliki lebih banyak waktu memulihkan perekonomian mereka pasca pandemi COVID-19 dan menyiapkan diri pindah ke dua tempat baru.

Sekitar 1.600-1.800 PKL akan dipindah ke dua tempat baru. Sekitar 50 persen direlokasi ke eks Dinas Pariwisata DIY, sedangkan sisanya dipindah ke gedung eks Bioskop Indra.

Pengusulan ke UNESCO disebut bukan tanpa sebab. Sumbu filosofi DIY yang terbentang lurus dari Tugu Pal Putih, Keraton Yogyakarta hingga Panggung Krapyak melambangkan konsep Manunggaling Kawula Gusti yang memiliki filosofi keselarasan, keseimbangan hubungan manusia dengan Tuhan, manusia dengan manusia, manusia dengan alam dan jagad seisinya.

Baca Juga: Malioboro Mulai Padat, Pengelola Siapkan Langkah Cegah Kerumunan saat Tahun Baru

Halaman:

Editor: Rahajeng Pramesi

Sumber: Suara.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bupati Sleman Positif Terpapar Covid-19

Selasa, 25 Januari 2022 | 16:17 WIB
X