Dinkes DIY Selidiki Sampel 15 Pasien Covid-19 yang Dicurigai Varian Omicron

- Jumat, 14 Januari 2022 | 12:34 WIB
Ilustrasi Covid-19 varian Omicron.  (Pixabay)
Ilustrasi Covid-19 varian Omicron. (Pixabay)

KOTAJOGJA, AYOYOGYA.COM -  Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dikabarkan mengirimkan 15 sampel dari pasien Covid-19 yang diduga terjangkit varian omicron ke Universitas Gadjah Mada dan Balai Besar Veteriner (BBVet) Wates.

Dari 15 sampel itu, 8 dari Kabupaten Kulon Progo dan tujuh dari Kota Yogyakarta. Adapun sampel itu akan dilakukan pemeriksaan dengan metode whole genome sequencing (WGS).

Melansir Republika jaringan Ayoyogya.com Jumat (14/1/2022) Kepala Dinas Kesehatan (DIY) Pembajun Setyaningastutie berharap sampel tersebut aman dan tidak terdeteksi varian Omicron. Saat ini imbuh Pembajun memang varian Omicron belum terdeteksi di DIY.

Pemeriksaan sampel warga yang terkonfirmasi positif melalui whole genome sequencing (WGS) tersebut dilakukan untuk mendeteksi penyebaran Omicron di DIY.

Baca Juga: 600 Lansia Booster Covid-19 Untuk Perlindungan Maksimal pada Omicron

Pembajun menambahkan, sekarang terdapat aturan baru bahwa pemerintah daerah diminta mengirimkan minimal 70 sampel untuk diperiksa dengan metode WGS.

Pemeriksaan itu disebutnya sudah mulai dilakukan tetapi memang membutuhkan waktu yang agak lama, tidak seperti pemeriksaan dengan metode PCR.

Dinkes DIY  juga menyebut seluruh rumah sakit rujukan penanganan Covid-19 sudah diminta untuk siaga menghadapi potensi lonjakan kasus positif dari varian Omicron. Rumah sakit (RS) pemerintah yang ada di kabupaten/kota diminta untuk menyiapkan 30 persen kapasitas bed (tempat tidur) untuk penanganan Covid-19.

Baca Juga: Antisipasi Omicron, Booster Vaksin Pfizer Bagi Remaja 12-15 Tahun Sudah Kantongi Izin

Halaman:

Editor: Rahajeng Pramesi

Sumber: Republika

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bupati Sleman Positif Terpapar Covid-19

Selasa, 25 Januari 2022 | 16:17 WIB
X