Survei RSI Atas Kinerja PWNU DIY: Peningkatan Program Kerja Organisasi Mendesak Dilakukan  

- Jumat, 14 Januari 2022 | 08:19 WIB
Konferensi pers hasil survei RSI terhadap kinerja PWNU DIY. (Rahajeng Pramesi.)
Konferensi pers hasil survei RSI terhadap kinerja PWNU DIY. (Rahajeng Pramesi.)

 

KOTAJOGJA, AYOYOGYA.COM - Pada 15 Januari 2022 besok,  Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) DIY akan mengadakan Konferensi Wilayah (Konferwil) ke XV di Ponpes A1-Furgon Murtigading, Sanden Bantul. Konferwil merupakan forum pertemuan tertinggi pengurus NU di tingkat provinsi.

Rumah Survei Indonesia (RSI) melakukan survei kelembagaan tentang tata kelola keorganisasian menjelang berakhimya masa kepengurusan PWNU DIY Periode 2016-2021.

Hasil survei ini diharapkan dapat menjadi evaluasi bagi kepengurusan yang sekarang maupun yang akan datang agar dapat bekerja secara maksimal dan lebih baik dalam melakukan pemberdayaan pada warga Nahdliyin dan Masyarakat Yogyakarta pada umumnya.

Baca Juga: Resolusi Jihad Pendiri NU Jadi Tonggak Sejarah Hari Santri Nasional 22 Oktober

"Survei dilaksanakan selama 2 bulan, dimulai dari perencanaan, merumuskan desain, pengumpulan data, pengolahan data, sampai penyusunan laporan hasil suvei. Survei ini menggunakan pendekatan evaluatif dengan jenis cksplanatori. Pengambilan sampling menggunakan teknik purposive sampling. Desain evaluatif mengacu kepada konsep Good Corporate Governance (GCG) untuk memperoleh gambaran praktik pengelolaan organisasi yang amanah dan prudensial dengan mempertimbangkan keseimbangan pemenuhan kepentingan seluruh stakeholders," jelas Arin Mamlakah Kalamika, Direktur Rumah Survei Indonesia (RSI) .

Arin menuturkan terdapat 5 variabel untuk mengukur hal tersebut, meliputi aspek akuntabilitas, responsibilitas, independensi, fair dan transparansi.

Responden dalam survei ini dipilih atas dasar hubungan terdekat dengan pengurus PWNU DIY. Mereka adalah para pengurus harian dari lembaga-lembaga dan badan otonom yang menjadi bagian dari kepengurusan PWNU DIY periode 2016-2022.

Baca Juga: Deklarasi Tokoh Lintas Agama Ajak Jaga Semangat Toleransi dan Antisipasi Varian Omicron Jelang Nataru

Halaman:

Editor: Rahajeng Pramesi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bupati Sleman Positif Terpapar Covid-19

Selasa, 25 Januari 2022 | 16:17 WIB
X