Kata BMKG Soal Cuaca DIY yang Panas Padahal Sudah Masuk Musim Hujan

- Jumat, 7 Januari 2022 | 10:00 WIB
Ilustrasi cuaca cerah pada hari ini di Jogja sesuai prakiraan BMKG. (Pixabay/carminamv)
Ilustrasi cuaca cerah pada hari ini di Jogja sesuai prakiraan BMKG. (Pixabay/carminamv)

YOGYAKARTA, AYOYOGYA.COM—Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) angkat bicara soal panas dan cerahnya cuaca di DIY sejak beberapa hari terakhir ini padahal bulan-bulan ini sudah memasuki masa musim hujan.

Kepala Stasiun Klimatologi Sleman Yogyakarta Reni Kraningtyas menerangkan bahwa memang BMKG memprediksi bulan Januari hingga Februari 2022 sebagai puncak musim hujan. Namun dalam beberapa hari ke depan wilayah DIY masih belum akan terjadi hujan.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Kamis 6 Januari 2022, Jogja Cerah dan Berawan Sepanjang Hari

"Sekarang ini pada bulan Januari 2022 DIY diprediksikan sebagai puncak musim hujan bahkan sampai bulan Februari 2022. Namun beberapa hari ini dan diprakirakan beberap hari ke depan wilayah DIY, cenderung cerah berawan," kata Reni, Kamis (6/1/2021).

Melansir SuaraJogja.id-jaringan Ayoyogya.com, Jumat (7/1), ia mengatakan kondisi ini disebabkan karena adanya fenomena Eddy atau dikenal dengan istilah pusaran angin. Fenomena tersebut terjadi di wilayah Kalimantan bagian barat.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Jogja Selasa 4 Januari 2022: Sleman Hujan Ringan Siang Hari, Semua Wilayah Jogja Cerah Berawan

Hal tersebut menyebabkan suplai uap air dari benua Asia menuju wilayah Jawa Tengah dan DIY terhambat. Sehingga pasokan uap air menjadi kurang maksimal.

"Jadi fenomena (Eddy) itu memang membuat pasokan uap air dan potensi pembentukan awan awan hujan kurang signifikan. Namun hal ini bersifat sementara," ungkapnya.

ciacaBaca Juga: Waspada! Hujan Bakal Guyur Bantul dan Gunungkidul Siang Nanti, Ini Prakiraan Cuaca Lengkap Hari Ini di Jogja

Halaman:

Editor: Rahajeng Pramesi

Sumber: Suara.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bupati Sleman Positif Terpapar Covid-19

Selasa, 25 Januari 2022 | 16:17 WIB
X