Vaksin Booster Mulai Disuntikan 12 Januari 2022, Pemda DIY Prioritas untuk 2 Kelompok Masyarakat Ini

- Rabu, 5 Januari 2022 | 08:30 WIB
Ilustrasi. Kegiatan vaksinasi di RSUP Dr Sardjito Yogyakarta. (Suara.com/Rahmad Jiwandono)
Ilustrasi. Kegiatan vaksinasi di RSUP Dr Sardjito Yogyakarta. (Suara.com/Rahmad Jiwandono)

YOGYAKARTA, AYOYOGYA.COM—Mulai 12 Januari 2022, pemerintah rencananya mulai menyuntikan vaksin booster (penguat) atau vaksin ketiga kepada masyarakat.

Pemerintah Daerah (Pemda) DIY pun bersiap mengikutinya dengan memprioritaskan vaksin booster untuk dua kelompok ini.

Bagi pemerintah pusat, vaksinasi booster Covid-19 rencananya akan diberikan kepada kelompok masyarakat berusia 18 tahun ke atas sesuai dengan standar Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) khususnya tenaga kesehatan (nakes), relawan, lansia dan pemegang kartu BPJS (PBI).

Namun melansir SuaraJogja.id-jaringan Ayoyogya.com, Rabu (5/1), berbeda dari pusat, Pemda DIY akan memberikan vaksinasi booster bagi guru dan tenaga kependidikan. Sebab sebelumnya baik nakes maupun relawan sudah mendapatkan booster.

Baca Juga: Dear, Nakes! Pekan Ini Ada Dua Hari Bisa Dipakai untuk Vaksin Booster, Cek Lokasi di Sini

"Kemarin kan [vaksinasi booster] untuk nakes dan relawan sudah kita lakukan, makanya kedepan untuk tendik apakah diperbolehkan," ujar Sekda DIY, Baskara Aji di Kompleks Kepatihan Yogyakarta, Selasa (4/1).

Menurutnya, guru dan teknik diprioritaskan dalam program vaksinasi booster karena DIY mulai menggelar Pembelajaran Tatap Muka (PTM) 100 persen. Mereka akan bertemu peserta didik setiap hari sehingga perlu memastikan kesehatan melalui booster.

Baca Juga: Buruan, Tinggal Hari Ini untuk Vaksin di Dinkes DIY, Lengkap Ada Booster Juga Loh

"Karena mereka (guru dan tekndik-red) kan menghadapi murid. Tatap muka akan segera kita mulai. Itu bagian dari pertimbangan kita jangan sampai guru itu menularkan atau guru tertular [covid-19]," tutur mantan Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY itu.

Halaman:

Editor: Rahajeng Pramesi

Sumber: Suara.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Harkitnas, Sleman Laksanakan Upacara Bendera

Sabtu, 21 Mei 2022 | 10:00 WIB
X