Minim Kejadian, Ini Evaluasi Operasi Zebra Progo Polda DIY Selama 8 Hari

- Selasa, 23 November 2021 | 17:00 WIB
Operasi Zebra Progo Polda DIY 2021. (Dokumen Humas Polda DIY.)
Operasi Zebra Progo Polda DIY 2021. (Dokumen Humas Polda DIY.)

KOTAJOGJA, AYOYOGYA.COM - Operasi Zebra Progo 2021 telah berlangsung 8 hari. Selama 8 hari tersebut dari hasil evaluasi dinyatakan minim kejadian.

Operasi ini merupakan Operasi kepolisian yang mengedepankan fungsi lalu lintas, yang digelar serentak di seluruh wilayah Yogyakarta.

Meskipun bertajuk operasi zebra namun kegiatan-kegiatan yang dikedepankan adalah kegiatan harkamtibmas dengan mengedepankan  tindakan edukatif, persuasif serta humanis.

Baca Juga: Minimalisir Pelanggaran Lalu Lintas, Polda DIY Gelar Operasi Zebra 2021

Kabid Humas Polda D.I.Yogyakarta, Kombes Pol.  Yuliyanto, S.I.K. M.Sc dalam siaran pers yang diterima Ayoyogya.com Selasa (23/11/2021) menuturkan hasil analisa dan evaluasi 7 hari pelaksanaan Operasi Zebra Progo 2021 menyampaikan kegiatan penegakan hukum hanya diberikan ketika pengguna jalan berkendara membahayakan pengendara lain atau kejahatan kasat mata.

"Sampai saat ini pelanggaran di lokasi sesuai target operasi nihil kejadian. Kegiatan  preventif meningkat menjadi 682 kegiatan dibanding tahun 2020 sejumlah 283 kegiatan. Sedangkan untuk kegiatan preventif di tahun ini melaksanakan 1433 kegiatan  naik 18 % dibandingkan tahun 2020 yang melaksanakan 1218 kegiatan," jelasnya.

Baca Juga: Jadwal SIM Keliling di Jogja Rabu 3 November 2021, Ditlantas Polda DIY: Pelayanan Tetap Terapkan Prokes Ketat

Yuliyanto menyatakan kegiatan tidak hanya terfokus kepada tertib lalu lintas pengguna jalan, namun penerapan protokol kesehatan dalam berkendara juga menjadi fokus perhatian pada operasi zebra tahun ini untuk menekan laju penyebaran Covid-19.

Hal itu diwujudkan dengan membagikan masker kepada para pengguna jalan serta memberikan himbauan tentang protokol kesehatan dan penggunaan masker dengan benar.

Halaman:

Editor: Rahajeng Pramesi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Perangi Radikalisme, Pemuda Agen Ketahanan Nasional

Senin, 29 November 2021 | 16:30 WIB
X