Bupati Bantul Launching Pemilos bagi Seluruh Siswa SMP, Ini Katanya

- Rabu, 13 Oktober 2021 | 15:30 WIB
Ilustrasi Pemilos yang dilaksanakan saat awal pandemi 2020 lalu (Dokumen KPU Bantul)
Ilustrasi Pemilos yang dilaksanakan saat awal pandemi 2020 lalu (Dokumen KPU Bantul)

BANTUL, AYOYOGYA.COM -- Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih melaunching secara resmi Pemilos untuk SLTP dan MTS di seluruh Kabupaten Bantul
Pemilos tahun 2021 ini dilakukan secara online dengan menggunakan aplikasi E-Pemilos yang dikembangkan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Bantul

Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih dalam siaran pers yang diterima Ayoyogya com Rabu (13/10/2021) berharap meskipun dilakukan secara online, antusiasme siswa untuk mengikuti pemungutan suara tetap tinggi karena pemilos sangat bermanfaat bagi kemajuan masing-masing sekolah.

Baca Juga: KPU Sleman Umumkan Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan

Pemilos lanjutnya adalah sarana menempa karakter sebagai warga negara khususnya dalam hal demokrasi, melalui pemilos siswa akan mengerti dan menerapkan arti demokrasi dalam konteks lingkungan siswa yaitu dari siswa, oleh siswa dan untuk siswa. Halim berpesan agar para siswa menggunakan hak pilihnya dengan pertimbangan rasional serta menghormati pilihan yang berbeda dari siswa yang lain.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bantul, Didik Joko Nugroho menjelaskan Pemilos Serentak untuk SMP se Kabupaten Bantul diikuti oleh 90 sekolah dengan jumlah siswa yang terlibat sebanyak 37.443 orang. Para siswa ini akan melakukan pemungutan suara sejak jam 09.00 sampai dengan pukul 14.30 WIB. 

Baca Juga: Pemilos, Latihan Coblos Pemilu Daring Lewat Pemilihan Ketua OSIS

Pemilos yang telah dilaksanakan sejak Tahun 2011 ini diharapkan menjadi investasi demokrasi di Bantul. Sehingga diharapkan para siswa yang mengikuti pemilos saat ini dapat menjadi pemilih yang cerdas atau penyelenggara yang professional pada Pemilu atau Pemilihan dimasa yang akan datang.

Ketua Divisi Sosialiasasi dan Pendidikan Pemilih KPU Bantul, Musnif Istiqomah menerangkan bahwa tahapan pemilos serentak ini merujuk pada tahapan pemilu atau Pemilihan. Panitia Pemilihan OSIS (PPO) melakukan pemutakhiran daftar pemilih, menerima pendaftaran calon, melaksanakan kampanye serta melaksanakan pemungutan dan penghitungan suara. Dalam pemilos siswa akan praktik langsung sebagai pemilih, sebagai penyelenggara dan sebagai kandidat calon Ketua OSIS. 

Baca Juga: Ketua KPU RI Lantik PAW KPU Bantul, Gantikan Anggota Lama yang Meninggal Dunia

Halaman:

Editor: Rahajeng Pramesi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pakar UGM Desak Segera Realisasikan UU PDP

Selasa, 19 Oktober 2021 | 12:34 WIB

Info Vaksinasi di RSUD Sleman, Gunakan 3 Jenis Vaksin

Selasa, 19 Oktober 2021 | 10:00 WIB
X