Bawa Produk Senilai Miliaran Rupiah, Ini 4 Profil  IKM Bantul Ikuti Pameran di Frankfurt Jerman

- Selasa, 12 Oktober 2021 | 13:28 WIB
Plt.Dirjen Industri Kecil, Menengah dan Aneka Kemenperin, Reni Yanita saat melepas pemberangkatan kontainer dari perusahaana di Bantul ke pameran kerajinan di Frankfrut Jerman. (Istimewa)
Plt.Dirjen Industri Kecil, Menengah dan Aneka Kemenperin, Reni Yanita saat melepas pemberangkatan kontainer dari perusahaana di Bantul ke pameran kerajinan di Frankfrut Jerman. (Istimewa)

BANTUL, AYOYOGYA.COM - Pameran Internasional Ambiente yang dilaksanakan di Messe Frankfurt Jerman diikuti beberapa perajin yang terdata dalam Industri Kecil Menengah (IKM).

Dalam pameran internasional ini salah satu IKM di kawasan Bantul berkesempatan ikut bergabung dengan fasilitasi dari Kementrian Perindustrian (Kemenperin).

Kemenperin terus mendukung peningkatan daya saing IKM untuk penetrasi ke pasar ekspor. 
Empat  perusahaan di seluruhnya bergerak di sektor industri kerajinan khususnya home dekor yaitu PT Harmoni Jaya Kreasi, CV Industri Classica Variasi, CV Palem Craft Jogja, dan CV Pandanus Internusa. 

Mereka pernah mendapat fasilitasi kepesertaan dari Kementerian Perindustrian pada Pameran Ambiente. Perusahaan yang telah mendapatkan fasilitas kepesertaan ini tercatat mampu meningkatkan kinerja ekspornya dan berkesempatan memiliki pasar yang lebih luas dengan menggaet konsumen dari berbagai negara.

Baca Juga: Loh!, Xiomi Blokir Ponsel di Kawasan Pembatasan Ekspor  

“Pameran Ambiente merupakan salah satu pameran skala internasional untuk produk kerajinan, khususnya home decor, yang diikuti oleh lebih dari 96 negara setiap tahunnya. Kementerian Perindustrian melalui Ditjen IKMA secara rutin berpartisipasi pada Pameran Ambiente, kecuali tahun 2021 ini karena adanya pandemi global,” kata Plt.Dirjen Industri Kecil, Menengah dan Aneka Kemenperin, Reni Yanita di Bantul Selasa (12/10/2021).

Pada ekspor kali ini, empat perusahaan memberangkatkan produknya dengan total  28 kontainer 40 feet HC secara bertahap. Reni mengakui kinerja ekspor IKM peserta Pameran Ambiente rata-rata meningkat sebesar 99,5 persen per tahun selama tiga tahun terakhir. 

“Pada 2019, delapan peserta Pameran Ambiente mencatatkan nilai penjualan saat pameran sebesar US Dolar 1,57 juta dan nilai ekspor setelah pameran menjadi US Dolar 3,28 juta.

Pada 2018 nilai penjualan enam peserta saat pameran tercatat US Dolar 705,2 ribu dan nilai ekspor setelah pameran menjadi US Dolar 1,2 juta.

Halaman:

Editor: Rahajeng Pramesi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pakar UGM Desak Segera Realisasikan UU PDP

Selasa, 19 Oktober 2021 | 12:34 WIB

Info Vaksinasi di RSUD Sleman, Gunakan 3 Jenis Vaksin

Selasa, 19 Oktober 2021 | 10:00 WIB
X