Bus Pariwisata Marak Bolak-balik Jogja, Sultan Khawatir DIY Zona Merah Lagi

- Senin, 13 September 2021 | 20:04 WIB
Gubernur DIY Sri Sultan HB X (Humas Pemda DIY)
Gubernur DIY Sri Sultan HB X (Humas Pemda DIY)

AYOYOGYA.COM -- Sudah banyak wisatawan yang berkunjung ke DIY sejak diterapkannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3.

Banyak bus pariwisata yang keluar masuk DIY sejak beberapa pekan terakhir, terutama saat akhir pekan. Padahal baru tiga destinasi wisata di DIY yang diuji coba beroperasi, seperti Gembira Loka Zoo, Tebing Breksi, dan Hutan Pinus Mangunan Bantul.

Gubernur DIY Sri Sultan HB X pun jengah dengan wisatawan dan biro wisata dari luar kota yang membuat paket wisata ke DIY. Sultan khawatir kondisi akan membuat DIY kembali masuk zona merah penularan COVID-19. Padahal saat ini tren kasus COVID-19 di DIY semakin turun.

Baca Juga: Sultan Tutup 14 Lokasi Penambangan Pasir Ilegal di Sleman

Satgas COVID-19 DIY mencatat, positivity rate harian DIY per 13 September 2021 sudah 1,64 persen. Angka ini jauh dibawah target Badan Kesehatan Dunia atau WHO sebesar 5 persen.

"Ini karepe (maunya-red) biar (DIY zona) merah atau apa? Kita kan enggak tahu," ujar Sultan, dilansir dari Suara--jaringan Ayoyogya, Senin (13/09/2021).

Sultan mempertanyakan pelaku wisata yang membawa wisatawan ke DIY. Padahal jelas-jelas selain tiga kawasan wisata yang uji coba, semua destinasi wisata di kota ini masih ditutup selama PPKM Level 3.

Wisatawan pun terpaksa yang diturunkan di kawasan Malioboro karena mereka tidak diperbolehkan masuk destinasi wisata. Akibatnya Malioboro sejak beberapa waktu penuh sesak dengan wisatawan dari luar kota.

Baca Juga: Realisasi Vaksinasi Dosis Pertama di DIY Capai 70 Persen

Halaman:

Editor: Regi Yanuar Widhia Dinnata

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mengharukan! Badut Berpenghasilan Rp20.000 Bantu ODGJ

Jumat, 24 September 2021 | 16:30 WIB

10 Tempat Ngopi Asyik dan Instagramable di Jogja

Jumat, 24 September 2021 | 12:00 WIB

10 Rekomendasi Kuliner Murah dan Legendaris di Jogja

Kamis, 23 September 2021 | 15:30 WIB
X