Simak Lagi, Virologi UGM Sebut Vaksin Booster Punya Manfaat tapi Harus Perhatikan Hal Ini Sebelum Penyuntikan

- Senin, 6 September 2021 | 11:05 WIB
Ilustrasi vaksin booster. (Pixabay/wirsindklein)
Ilustrasi vaksin booster. (Pixabay/wirsindklein)

YOGYA, AYOYOGYA.COM- Virologi dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta dr. Mohamad Saifiudin Hakim mengungkapkan bahwa dari sisi imunologi, pemberian vaksin booster atau vaksin penguat memang bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh yang diperoleh dari dua dosis vaksin sebelumnya.

Vaksin booster yang diberikan akan melatih kembali sel-sel memori penghasil antibodi tubuh yang dihasilkan dari dua dosis vaksin sebelumnya.

Daya ikat antibodi juga menjadi lebih baik terhadap virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19.

“Sejumlah studi awal menunjukkan bahwa dengan pemberian vaksin booster atau dosis ketiga, baik dengan merek (platform) vaksin yang sama atau berbeda, mampu memperkuat imunitas yang diperoleh dari dua dosis vaksin sebelumnya,” jelas Hakim seperti dikutip dari SuaraJogja.id – jaringan Ayoyogya.com, Senin (6/9/2021).

Baca Juga: Jangan Iri, Pakar UGM Sebut Masyarakat Belum Perlu Vaksin Booster, Ini Alasannya

Meski demikian, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum pemberian vaksin booster:

Pertama, terkait penurunan level imunitas, hingga kini belum jelas bagaimana imunitas setelah pemberian vaksin sebelumnya bertahan, apakah terjadi penurunan atau tidak.

"Jika benar terjadi penurunan maka pemberian booster bisa dipertimbangkan," kata pengajar di Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FKKMK) UGM tersebut.

Baca Juga: Ingat! Vaksinasi Booster Hanya untuk Nakes

Halaman:

Editor: Rahajeng Pramesi

Sumber: Suara.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X